Selasa, 10 Januari 2012

SEKRETARIS KPAK BUNGO





LAPORAN
SEKRETARIAT KPAK BUNGO
OLEH SEKRETARIS KPAK BUNGO
DACHJAT RUCHJANA


Rapat Koordinasi Komisi Penanggulangan Aids
Kabupaten Bungo













 















KOMISI PENANGGULANGAN AIDS KABUPATEN BUNGO

JANUARI 2012



LAPORAN DAN SAMBUTAN

Yth.  
-          Bupati Bungo
-          Sekretaris KPA Propinsi Jambi
-          Kepala Dinas dan Kabag di lingkungan Setda Bungo
-          Ketua MUI Kab. Bungo
-          Ketua NU Kab. Bupati Bungo
-          Kepala Kepolisian Kab. Bungo
-          Kepala Lapas Kab. Bungo
-          Pimpinan NTC
-          Manager Hotel Bungo Plaza
-          TIM VCT dan TIM CST dan TIM Penjangkau Kab. Bungo
-          Seluruh Undangan yang hadir dalam kesempatan ini

Bismillahirrohamanirrahim
Assalamu’alaikum wr.wb.
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-Nya jualah kita dapat berkumpul disini dalam rangka pelaksanaan kegiatan Rafat Koordinasi Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Bungo.

Hadirin Yang Di Hormati
Disini dari sekretariat sedikit ingin melaporkan tentang perjalanan KPA selama 1 tahun berjalan.
Dimana sudah banyak program-program yang dilakukan oleh KPAK Bungo, mulai dari yang hanya bersifat penyuluhan sampai suatu kegiatan yang sifatnya mendampingi ODHA (Orang dengan HIV AIDS)

Hadirin Yang Di Hormati
Kita tau, bahwa Kabupaten Bungo merupakan kabupaten yang sedang berkembang melalui pembangunan, dari segi bangunan kabupaten bungo merupakan termaju nomor dua dijambi, dari segi hotel,  juga merupakan terbanyak nomor dua setelah kota jambi.
Bukan hanya pembangunan dan kemajuan yang selalu meningkat.
Penyakit HIV AIDS yang merupakan penyakit yang mengakibatkan suatu kekebalan tubuh menghilang pun juga meningkat dari tahun ketahun, hal ini dapat dilihat dari data yang kami miliki, dimana. pada Tahun 2010, masyarakat dengan HIV AIDS yaitu sebanyak 16 Orang, dan Per 31 Desember 2011 bahwa masyarakat yang dinyatakan positif dengan HIV/AIDS bertambah 6 Orang,
Diantaranya:
4 Orang melalui tes VCT di RSUD Muara Bungo  dan 2 Orang ditemukan oleh KPA, dengan demikian jumlahnya menjadi 22 ODHA, saya ulang sekali lagi, yaitu 22 Orang.

Hadirin Yang Di Hormati
Dari 6 yang dinyatakan positif, dua diantaranya sudah meninggal dan salah satu yang meninggal yaitu ibu hamil.

Hadirin Yang Di Hormati
Berdasarkan laporan dari TIM VCT, dr. Jerry dan kawan-kawan, bahwa layanan VCT di RSUD Hanafie Bungo baru beroperasi pada Q 6 atau dari bulan Oktober-Desember 2011.
Layanan VCT yang hanya baru beroperasi lebih kurang 3 bulan berjalan, dalam waktu yang relatif singkat tersebut sudah ada 31 orang yang datang untuk tes VCT dan itupun hanya masyarakat yang berada disekitar pasar muara bungo.
Kita berharap dengan dibukanya layanan VCT Di RSUD Muara Bungo, dan dengan Program dan layanan yang dilakukan oleh KPA, Tim Penjangkau, TIM CST dan TIM IMS Puskesmas Pasar muara Bungo, kasus-kasus tersebut bisa ditanggulangi secara optimal dan tidak melakukan penularan kepada masyarakat sekitar.

Hadirin Yang Di Hormati
Meskipun program-program yang kita lakukan, namun hasilnya masih ada kurang dari harapan, hal ini disebabkan masih banyak kendala-kendala yang  Kita temuai selama berjalan,
diantaranya:


Pertama,
kita belum menjelahi seluruh kecamatan-kecamatan yang ada di kabupaten bungo, karena keterbatasan tenaga dan anggaran,
Tidak dapat dibayangkan apabila seperti kecamatan tanah sepenggal, rantau keloyang, kuamang kuning, tanah tumbuh serta kecamatan2 lainya dilaksanakan secara berkelanjutan, (karena yang hanya sekitar pasar muara bungo saja sudah 31 orang yang test VCT)

Kedua,
Koordinasi dengan lintas sektoral belum berjalan secara optimal atau antara program-program dari Dinas terkait belum bisa disatukan dengan program Komisi Penanggulangan HIV AIDS dalam rangka menanggulangi HIV AIDS.

Ketiga,
Masih Minimnya anggaran dari Pemkab, sedangkan program yang akan dilaksanakan masih sangat banyak.

Hadirin Yang Di Hormati
Dengan rafat koordinasi ini, kami dari Sekretariat KPAK Bungo, berharap ada jalan keluar terhadap kendala2 yang kami temui dilapangan terutama masalah keseriusan kita dalam penanggulangan HIV AIDS, baik dari segi koordinasi maupun dari segi anggaran.


Demikianlah sambutan dari saya selaku Sekretaris KPA Kabupaten Bungo dan kami minta kepada Bapak Bupati Bungo yang dalam hal ini Bapak Asisten 1 Sekretaris Daerah Bungo Untuk membuka acara secara resmi.
dengan saya tutup 
Assalamu’alaikum wr.wb.

Bungo, 10 Januari 2011

1 komentar: